Facebook yang Sehat dan Aman

Dah lama tidak isi blog ini mumpung lagi ada ide… Oke langsung aja ya, sekarang ini lagi banyak kasus penculikan akibat facebook yang lagi – lagi menyalahkan toolsnya (facebook) dan bukan malah melihat dari sisi pengguna dan pengawasan orang tua terhadap si anak, kemarin aku lihat hampir semua media bahas facebook.

Menurut saya sebenarnya kesalahan itu terletak kepada kita bukan pada toolsnya karena kita yang bertindak atau mengatur facebook
tersebut sehingga bukan facebook  yang atur kita dalam mengumbar informasi diri kita.
Kalau orang Batak bilang ” Unang Bagi I (facebook) Mangarajai Ho”

Contoh kasus belakangan ini adalah kasus penculikan yang menimpa anak SMP dimana anak SMPnya berkenalan dengan seseorang dan katanya lantas diculik. Lah ! yang percaya itu si anak kan, mana ada facebook yang memberikan informasi percayailah cowok ini, kan si anak yang percaya aja diajak ketemuan ama si cowok…..

Tapi menyalahkan bukanlah penyelesaian masalah, oke dari pada lama – lama ini ada sedikit tips ‘n trick bagaimana berfacebook ria dengan aman.

  1. Jangan Mengumbar Informasi Pribadi di facebook (tanggal lahir, alamat, keluarga(siblings) dll. Contohnya tanggal lahir kita, mungkin banyak orang ingin dirayaiin ulang tahunnya dan menginginkan banyak orang mengucapkan selamat ulang tahun padanya ( narsis nih orang). Tetapi informasi ini merupakan salah satu hal yang sangat berbahaya dalam berfacebook. Kebanyakan orang masih menggunakan ultah sebagai pin dari kartu kreditnya dengan kombinasi tahun pastinya so jika ingin aman jangan pernah gunakan pin anda tanggal lahir anda dan usahakan jangan terlalu mengumbar informasi pribadi anda di facebook contohnya alamat rumah dll. Yang paling mudah sih usahakan anda proteksi data pribadi anda hanya pada orang yang terpercaya atau anda approve sebagai friend coba anda pelajari lagi tools di facebook karena kemarin kalau ngak salah defaultnya semua orang bisa ngelihat facebooknya.
  2. Jangan terlalu ketagihan upload foto anda (Gilpot) Jika orang yang sering upload foto ” waspadalah – waspadalah” karena banyak orang dengan bebas ambil foto anda tanpa sepengetahuan anda. Mending lagi foto anda di masukkan majalah trubus kalau ke majalah yang ngak baik di otoshop fotonya ambil wajahnya atau lebih buruk foto ini di print lalu diberikan ama dukun (seram). So jangan terlalu narsis ( kalau memang mo jadi model mending ikutan audisi majalah Gadis  aja deh)
  3. Jangan terlalu sering buat wall mengenai kegiatan keseharian kita atau menyangkut keamanan kita. Contoh 1: “Lagi sepi nih ngak ada kawan di rumah Ayah dan Ibu lagi pergi mungkin pulang malam” Cewek umur 17 tahun. Pikiran penjahat : ” Lihat foto ceweknya bagus ngak ? trus lihat rumahnya besar ngak ? dan pelajari rumahnya ( dari foto cewek itu biasanya)” terus Menuju rumah cewek ( lanjutkan aja deh…) masih mendingan gua yang apel kerumahnya he2x “Hari ini les renang di kolam renang …” anak kecil umur 10 tahun hari senin “les renang lagi ama teman satu sekolah …” anak kecil umur 10 tahun hari senin dengan informasi seperti ini sang penculik dengan mudah menculik si anak.
  4. Jangan confirm orang dengan sembarangan. Jangan terlalu percaya dengan seseorang usahakan lihat dulu mutual friendnya jika memang banyak pasti banyak orang kenal ama dia, semakin sedikit semakin sedikit pula pula kenalan anda kenal ama dia dan semakin rentan pula orang tersebut.
  5. Hati – hati membuka facebook di tempat yang tidak percaya misalnya warnet dll.Misalnya anda sedang buka facebook di warnet dan nah warnet ini ada keylogernya wah bahaya man orang lain akan dengan mudah membuka akun anda dan menyalah gunakanya, contohnya anda sedang relationship dengan seseorang dan orang lain pakai akun anda dengan langsung memutuskan tidak relationship lagi dengan orang tersebut bisa perang dunia ketiga ini..so usahakan hati – hati dengan akun anda.
  6. Jangan umbar informasi nomor telepon anda atau nomor telepon keluarga anda di facebook. Banyak kejadian sekarang orang menelepon anda dan memeras anda atau memberikan informasi bohong karena memiliki nomor anda dan anda juga tidak akan tenang jika dihubungi tiap malam kan.
  7. Jangan melakukan tagging sembarangan. Banyak hal yang tidak perlu anda tag dan usahakan juga tegur teman anda jika anda di tag pada foto yang perlu di upload atau minta teman anda untuk menghapus foto tersebut.
  8. Berhati – hatilah membuat komentar yang berlebihan walaupun komentar tersebut menarik apalagi mengenai tempat kerja atau sekolah anda dimana berada. Sudah banyak kasus yang terjadi yang menyebabkan suatu instansi menjadi buruk namanya karena informasi yang terlalu di umbar ( awas UU ITE) kalau mau curhat gunakan email pribadi atau hubungi pihak bersangkuta terlebih dahulu..
  9. Selalu pergunakan komentar, foto dan informasi pribadi kita yang baik dan sopan Akun kita di facebook kadang menggambarkan kita di dunia nyata dan adanya beberapa perusahaan saat ini menyertakan akun facebook dalam merekrut karyawan menyebabkan kita harus hati – hati mengunakan kata – kata…contohnya jangan mengumbar sumpah serapah.
  10. Jangan terlalu sering curhat di facebook apalagi masalah pribadi anda Banyak orang sering curhat di facebook ( apalagi baru putus ) bagaimana jika orang lain menggunkan kata – kata anda buat hal yang tidak penting hal itu dapat membahayakan anda. Dan lagian ngak malu putus aja dikasih tahu lebih baik anda curhat sama saya atau sama yang di atas (berdoa).

oke dah capai nih jari dan bandwit dah habis, mungkin demikian yang dapat saya berikan jika ada tambahan dari teman silahkan aja….

salam,

Advertisements

About onolinus

Another Shinobi from Pahae........
This entry was posted in Rileks. Bookmark the permalink.

5 Responses to Facebook yang Sehat dan Aman

  1. Vi2 says:

    Hmmm…., emang benar sih to, gak perlu upload foto banyak2 bis gak seru lagi nanti, orang gak penasaran lagi ma tampang kita. Trus soal orang2 yang suka nulis kesehariannya di FB, mungkin dah gak ada tempat curhat lagi to…. v(^_~)v nice try!!!

  2. nich says:

    Tips yang berguna 😀
    Aku setuju, gak pantas menyalahkan tools!

    Facebook juga menerapkan Privacy Setting koq, hanya kadang kita sepele, dan gak sesuaikan dengan kenyamanan kita sendiri.

    Solusi saya sederhana, fesbuk saya gunakan untuk memelihara jaringan dengan teman-teman saya. Jadi kerap yang tidak saya kenal, tidak saya accept friend-request-nya.
    (lagian mau kenalan, ya mbok kirim message dulu keq, kirim pulsa dulu keq ^_^)

  3. onolinus says:

    @vivi…to bisa kan curhat ama aku aja hehe2x…
    @Bang nich (he2x)… makasih bang atas comentnya….memang untuk jaringan bang fesbuk memang sangat berguna tinggal cara kita memanfaatkannya

  4. Pingback: Anjing Peliharaan Hilang - Nich bukan nik atau nih

  5. ria says:

    Like this flen…!!!

    ^^

    No comment, lanjutkan bakat mu pemuda !!!

    GB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s