Perlunya partai baru yang tidak dikuasai elit.

Melihat kegaduhan politik sekarang dengan terbentuknya 2 koalisi besar yaitu koalisi merah putih (KMP) dan koalisi indonesia hebat (KIH) ternyata membuat kehidupan masyarakat betul – betul terbagi dua. Ini merupakan reprentasi dari pilpres yang tidak kunjung selesai. Kedua kubu masih terus saling ejek dan tidak menerima hasil dari konstitusi.

Namun harus diingat, tentunya masyarakat telah memberikan cap kepada setiap koalisi yang betul – betul mendukung kepentingan masyarakat atau yang hanya mementingkan kelompok. 5 tahun kedepan akan menjadi penentuan apakah Indonesia kembali ke orde baru atau menjadi sebuah negara demokratis terkuat di ASEAN.

Beberapa teman saya sering mengutarakan ingin turun ke jalan untuk melakukan proses demonstrasi ataupun menghimpun suara dukungan melalui petisi online change.org untuk menekan setiap koalisi di MPR atau DPR

Menurut hemat saya untuk turun ke jalan saat ini sebenarnya masyarakat ataupun mahasiswa yang notabene pengerak ketika era reformasi sudah mulai malas turun ke jalan. Ditambah lagi dengan adanya paham – paham radikalisme yang telah merambah ke kampus – kampus. Mahasiswa sudah malas atau sebenarnya tidak perduli lagi dengan NKRI. Jadi dalam hal ini opsi yang pertama untuk turun kejalan tidak efektif.

Untuk opsi kedua menggalang dukungan dengan petisi online hal ini juga menurut saya tidak signifikan mendorong para politisi untuk berpihak kepada masyarakat. Selama politisi masih lebih mementingkan kelompok maka petisi hanya akan menjadi subjek berita dari media massa saja.

Ahok sering katakan :

Orang miskin jangan lawan orang kaya, orang kaya jangan lawan pejabat

Untuk melawan kesewenang – wenangan kita harus masuk dalam sistem dan tidak merusak sistem demokrasi yang telah terjadi. Untuk itu saya lebih menyarankan kepada masyarakat untuk membentuk sebuah partai yang berlandaskan pada masyarakat. Sehingga partai bukan dikuasi oleh sebagian elit saja seperti saat ini. Hal itu sudah terjadi di Jerman dengan terbentuknya Pirate Party Germany.

Tentunya hal ini akan memberikan warna baru di demokrasi Indonesia jika hal ini terjadi.

 

Advertisements

About onolinus

Another Shinobi from Pahae........
This entry was posted in Rileks. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s